Journal Learning Tahsin Al-Qur'an with Macromedia Flash Player at Mahasantriwati Ma'had Al-Jami'ah Sunan Gunung Djati State Islamic University Bandung

Pembelajaran Tahsin Al-Qur'an dengan Macromedia Flash Player pada Mahasantriwati Ma'had Al-Jami'ah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

  • Taufiq Fauzan Ginanjar STIT AL-AMIN INDRAMAYU

Abstract

Aktivitas dalam membaca Al-Qur’an merupakan aspek penting bagi setiap umat Islam karena bernilai ibadah bagi setiap pembacanya. Seiring dengan perkembangan zaman, muncul berbagai pola pembelajaran dalam membaguskan bacaan al-Qur’an dengan menggunakan media terbarukan agar pembelajaran tahsin menjadi lebih menarik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai, salah satunya yaitu dengan menggunakan macromedia flash player yang berisikan pembahasan Ilmu Tajwid dan terapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan macromedia flash player dalam pembelajaran Tahsin al-Qur’an yang diterapakan kepada para mahasantriwati ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Macromedia Flash Prayer pada pembelajaran tahsin al-Qur’an ini berpengaruh positif terhadap proses pembelajaran. Penggunaan media ini dapat meningkatkan motivasi belajar mahasantriwati karena pembelajaran tahsin al-Qur’an menjadi lebih menarik dan tidak monoton, selain itu juga dapat memudahkan mereka dalam memahami materi yang disampaikan oleh dosen dan media ini juga lebih efisien karena dapat dipelajari kapanpun dan dimanapun tanpa membutuhkan jaringan internet, baik saat pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran tahsin al-Qur’an.

Author Biography

Taufiq Fauzan Ginanjar, STIT AL-AMIN INDRAMAYU

Abstrak: Kampus Islam ternilai tidak memuaskan masyarakat: mencetak mahasiswa atau aluminya yang tidak produktif dan tidak menguasai bidang keilmuan yang mencerminkan ke-Islaman seperti dalam memimpin do’a, enggan membaca ayat suci dalam sebuah acara atau idak fasih dalam bacaan ayat al-Qur’an ketika menjadi imam shalat. Artikel ini mengangkat untuk menyibak kenyataan di belakang problema tersebut berdasarkan pola pembelajaran yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terkhusus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ma’had Al-Jami’ah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan menjadi sumber data. Hal ini membuktikan bahwa di satu sisi kurikulum pembelajaran di kampus mengarah pada kekayaan teori yang bersifat idealis-teoritis, sedangkan di sisi lain mengarah pada pragmatis. Mata kuliah Tahsin al-Qur’an mengarah kepada kebiasaan dalam persoalan ibadah membaca ayat suci al-Qur’an. Sementara itu dosen ma’had mendorong  para mahasantriwati dalam proses belajar Tahsin Al-Qur’an agar menguasai teori tahsin al-Qur’an dan juga praktik membaca yang fasih dengan menggunakan Macromedia Flash Player yang berisikan pembahasan Ilmu Tajwid dan terapannya.

Kata Kunci: media pembelajaran, tahsin tajwid, macromedia flash player.

Published
2023-12-13