PENTINGNYA KEDISIPLINAN BELAJAR DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah konsep dasar IPS. Seberapakah pentingnya tingkat kedisiplinan belajar mahasiswa dengan pencapaian hasil belajar mereka pada mata kuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di STIT dan STKIP Al Amin Indramayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan desain expost facto. Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa STIT dan STKIP Al Amin Indramayu angkatan 2020. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan teknik uji regresi linier yang mencakup uji t dan pengukuran koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Nilai t hitung 2,904 > nilai t tabel 1,999, maknanya terdapat pengaruh kedisiplinan belajar teradap hasil belajar Konsep Dasar IPS Mahasiswa; 2) Nilai R Square sebesar 0,127, dengan arti bahwa pengaruh variabel kedisiplinan belajar terhadap variabel hasil belajar Konsep Dasar IPS Mahasiswa adalah 12,7%. Simpulannya melalui uji t menunjukkan adanya pengaruh kedisiplinan tergadap hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Konsep Dasar IPS dengan pengaruh sebesar 12,7% yang ditunjukkan melaui hasil pengukuran koefisien determinasi.